22.4 C
New York
Jumat, September 22, 2023

Buy now

- Advertisement -

Soft Skill Dan Hard Skill Yang Dibutuhkan Desain Grafis

Apakah kamu tahu? Ternyata ada berbagai jenis karier yang sangat penting pada dunia bisnis seiring berkembangnya industri media digital, loh! Contohnya adalah desain grafis. Jika kamu adalah orang yang menyukai seni dan komunikasi dalam bentuk visual, profesi ini adalah pilihan yang tepat.

Desain grafis adalah seseorang yang melakukan kegiatan kreatif untuk menciptakan karya fungsional dan estetis untuk berbagai jenis media yang proses komunikasinya tidak hanya berdasarkan tulisan, tetapi juga pada elemen visual.

Seperti profesi lainnya, profesi ini juga memerlukan berbagai macam skill wajib agar menjadi desainer grafis yang baik. Ada beberapa soft skill dan hard skill yang harus seorang desainer grafis miliki. Simak selengkapnya, ya!

Soft Skill

(Source: www.bisniz.id)

Soft skill sangat berbeda dengan hard skill. Kemampuan ini lebih cenderung pada keterampilan sosial, komunikasi, kecerdasan sosial dan lain-lain. Menurut The Balance Careers, soft skill adalah keterampilan komunikasi, karakteristik seseorang, kecerdasan sosial intrinsik dan kemampuan beradaptasi dengan baik dengan kehidupan dan dunia kerja.

Keterampilan ini menunjukkan bagaimana seseorang dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain di dunia kerja. Berbeda dengan hard skill yang dipelajari dan dipraktikkan, keterampilan ini lebih tentang emosi dan intuisi dalam berhubungan dengan orang lain. Selanjutnya, berikut adalah soft skill yang desainer grafis butuhkan.

1. Communication Skill

Sebagai seorang desainer grafis, kamu tentu saja akan menjelaskan ide-idemu kepada klien. Pastikan penjelasanmu dapat mudah klien pahami, ya!

2. Creative-thinking Skill

Menjadi seorang desainer grafis berarti kamu harus bisa mewujudkan keinginan dari berbagai klien. Pemikiran kreatif akan membantu kamu menemukan berbagai ide keren dan mengimplementasikannya kepada permintaan klien.

3. Problem-solving Skill

Apakah kamu pernah mendapatkan brief kurang rinci dari klien? Kemampuan penyelesaian masalahmu akan sangat diuji disini karena kamu harus membantu klien menemukan desain yang tepat sesusi dengan makna yang ingin klien sampaikan.

4. Unwavering Skill

Seorang desainer grafis harus bisa tahan banting terhadap revisian yang hampir selalu ada dari klien. Untuk itu, kamu harus memiliki sifat Gigih supaya kamu tidak mudah menyerah ketika menerjang banyak revisi.

5. Able to Work Fast and Efficiency Skill

Tiap klien pasti akan memberikan deadline pengerjaan. Untuk itu, kamu perlu bisa bekerja cepat dan efisien agar bisa menyelesaikan semua pekerjaan yang telah diberikan.

Hard Skill

(Source: www.kreditpintar.com)

Ada yang masih asing dengan istilah hard skill? Dalam dunia bisnis, ada banyak keterampilan yang dapat kamu pelajari berdasarkan minat dan bidang minat kamu. Menariknya, di era digital saat ini, kamu bisa mempelajarinya melalui berbagai kursus online.

Menurut Investopedia, hard skill adalah ilmu yang dapat dipelajari dan ditingkatkan melalui latihan, pengulangan, dan pendidikan. Sebenarnya jangan merasa minder ketika tidak memiliki skill yang sulit. Karena kemampuan ini didapat jika kita tekun dan konsisten dalam mempelajarinya. Namun, menguasai keterampilan ini saja tidak cukup dalam dunia bisnis. Kamu harus memiliki softskill supaya lebih seimbang. Berikut adalah beberapa hardskill untuk desainer grafis.

1. Keterampilan Typography

Keterampilan pada bidang typography menjadi penting untuk dimiliki agar kamu bisa menciptakan desain font yang lebih berkarakter.

2. Menguasai Prinsip Desain

Selanjutnya, penguasaan prinsip-prinsip desain seperti hierarchy, contrast, repetition, alignment, balance, dan lainnya akan membantu kamu untuk membuat desain yang menarik dan terstruktur.

3. Menguasai Aplikasi Adobe Creative

Software desain seperti Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop membantu kamu untuk berkreasi dan menjadi lebih kreatif dalam dunia visual digital.

4. Pintar Mengatur Waktu

Kamu selalu berhubungan dengan klien, alhasil time management yang baik harus desainer grafis miliki agar project yang dikerjakan dapat selesai tepat waktu

5. Kemampuan Presentasi

Jangan malu-malu! Sebagai desainer grafis, kamu harus bisa mempresentasikan hasil desain di hadapan klien.

Penulis: Fatiha Syuhada

- Advertisement -

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Follow dan Subscribe

12,311FansSuka
3,869PengikutMengikuti
15,700PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Artikel Terbaru